FAKULTAS TEKNIK

PROGRAM STUDI TEKNIK SIPIL

I.  VISI

Menjadi program studi yang unggul dalam menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Bidang Teknik Sipil serta menghasilkan tenaga ahli yang kompeten dibidangnya dan yang mempunyai tanggungjawab yang besar.

 II.  MISI

  1. Menyelenggarakan program pendidikan sarjana bidang teknik sipil yang kompeten dan kepribadian yang luhur.
  2. Menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam rangka pengembangan ilmu bidang teknik sipil untuk.
  3. Memberi kesempatan kepada para peserta didik untuk menguasai cakupan materi perkuliahan yang utuh dan sistematis.

III.  TUJUAN   

Menghasilkan lulusan Sarjana Teknik Sipil yang memiliki :

  1. Kemampuan kompetensi di bidang pekerjaan praktis keteknik-sipilan;
  2. Kemampuan praktik profesional yang meliputi kemampuan untuk merancang dan mengadakan eksperimen, juga untuk menganalisis dan menginterpresentasikan data;
  3. Kemampuan bekerjasama dalam suatu tim dan mampu memecahkan masalah, yang meliputi kemampuan berkomunikasi secara lisan dan tulisan untuk menyampaikan informasi profesional dan teknis secara efektif;
  4. Kepedulian sosial, keluasan pandangan tentang profesi teknik sipil, menjunjung tinggi etika profesi

 IV.  SASARAN

  1. Memenuhi kebutuhan pasar (lokal, regional dan nasional) tenaga ahli teknik sipil yang kompeten;
  2. Menyediakan / memenuhi kebutuhan sarjana yang unggul dalam penguasaan teknik secara umum dan ilmu dasar yang menunjang untuk dapat diaplikasikan dalam perancangan, pengawasan, dan pelaksanaan, pemeliharaan sarana dan prasarana pembangunan berbekal lebih di dalam bidang tertentu dalam ilmu teknik yang dapat meliputi bidang struktur, teknik sumberdaya air, geoteknik, teknik transportasi dan jalan raya, dan teknik rekayasa manajemen konstruksi;
  3. Meningkatkan kualitas lulusan Fakltas Teknik yang mempunyai fleksibilitas dan adaptabilitas berdaya saing tinggi dan mempunyai dasar kuat untuk menempuh studi lanjut serta mempunyai kemampuan untuk mengembangkan diri individu dalam mengikuti perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan serta mempunyai rasa tanggungjawab dalam mengaplikasikan ilmunya untuk kepentingan dan kesejahteraan bangsa dan umat manusia umumnya dengan memperhatikan kelestarian dan keselamatan manusia secara professional.

 V.  STANDAR KOMPETENSI LULUSAN ( SKL )

  1. Memiliki pengetahuan dan keahlian di bidang teknik sipil, yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian pembangunan sipil / infrastruktur.
  2. Mempunyai kemampuan mengelola kegiatan pelaksanaan pembangunan infrastruktur yang disertai wawasan lingkungan, sosial dan budaya, dengan rencana mutu yang sesuai tuntutan spesifikasi.
  3. Mampu bekerja sama dengan partner kerja baik sebidang maupun lintas ilmu.
  4. Mampu menggunakan aplikasi / program computer untuk mendukung tugas-tugasnya.
  5. Memahami pengawasan mutu pekerjaan, pemeriksaan kualitas baik di lapangan maupun di laboratorium dan menyusun laporan / evaluasi.
  6. Mempunyai tanggungjawab dan etika profesi
  7. Mempunyai kesiapan yang memadai untuk melanjutkan studi ke jenjang selanjutnya.